Minggu, 02 September 2012

Cara meratakan Teks pada Microsoft Word

Cara Meratakan Teks Pada MS.WORD
MERATAKAN TEKS SECARA HORISONTAL
Ketika Anda membuat dokumen di Word, secara otomatis Word akan meratakan teks ke margin kiri. Anda dapat meratakannya ke kanan, tengah, atau rata kanan-kiri, atau kembali ke rata kiri. Misalnya, Anda ingin meletakkan teks di tengah untuk judul laporan atau informasi, rata kanan-kiri untuk artikel atau surat resmi (formal), teks rata kanan pada sebuah kolom dari daftar atau header, dan rata kanan pada nomor halaman pada footer.

Caranya:
  1. Pilih paragraf yang ingin diubah.
  2. Tekan tombol Ctrl+L (untuk rata kiri), tombol Ctrl+E (untuk rata tengah atau meletakkan teks di tengah), tombol Ctrl+R (untuk rata kanan), atau tombol Ctrl+J (untuk rata kanan-kiri) untuk mengubah perataan atau peletakan paragraf sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin menggunakan mouse, pilih Paragraph, lalu klik tombol Align Left, Center, Align Right, atau Justify pada toolbar Standard.

MERATAKAN TEKS SECARA VERTIKAL

Secara default, Word akan meratakan teks pada bagian margin atas dari dokumen Anda. Bisa saja Anda ingin mengubahnya, mungkin di tengah halaman untuk membuat cover laporan, atau rata atas-bawah paragraf pada halaman antara margin atas, dan margin bawah untuk membuat layout dari halaman lebih konsisten. Meratakan teks secara vertikal dapat digunakan untuk keperluan ini. Tapi Anda harus membuat batasannya, karena jika tidak maka akan mengubah seluruh halaman yang ada. Caranya:
  1. Pindahkan posisi kursor di bagian yang ingin Anda ratakan.
  2. Pilih File, lalu pilih Page Setup untuk menampilkan kotak dialog Page Setup.
  3. Kik tab Layout, lalu pada daftar Vertical Alignment, pilih Center, Justify, atau Top untuk mengubah perataan.
  4. Pada daftar Apply To, pilih Whole Document untuk mengubah seluruh halaman atau This point forward untuk mengubah mulai dari tempat yang Anda pilih sampai ke daerah selanjutnya, lalu klik OK.

Cara memblok teks dengan mouse dan keyboard

Ada banyak cara memilih atau blok teks di microsoft word yang tidak banyak diketahui orang. Kita bisa pake keyboard atau mouse.
Memakai Mouse:
  • Sejumlah teks (huruf, kata, kalimat ata paragraf)
    Klik dan drag saja pada teks yang diinginkan.
  • Satu kata
    Double-click (klik ganda) kata tersebut.
  • Satu baris teks
    Taruh kursor pada sebelah kiri baris yang diinginkan sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu klik

  • Beberapa baris teks
    Taruh kursor pada sebelah kiri baris yang diinginkan sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu drag ke atas atau ke bawah
  • Satu Kalimat
    Tekan tombol Ctrl (Control) pada keyboard, lalu klik di sembarang tempat di dalam kalimat tersebut
  • Satu Paragraf
    Taruh kursor pada sebelah kiri paragraf yang diinginkan sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu klik ganda. Bisa juga dengan triple klik (klik tiga kali secara cepat) pada
    sembarang tempat dalam paragraf tersebut
  • Beberapa paragraf
    Taruh kursor pada sebelah kiri salah satu paragraf yang diinginkan (bisa awal atau akhir) sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu ganda dan jangan lepaskan klik, kemudian drag ke atas atau ke bawah.
  • Memilih banyak teks (misalnya memilih banyak teks di beberapa halaman)
    Klik pada awal teks yang ingin dipilih. Scroll (putar) mause hingga sampai pada akhir teks yang ingin dipilih, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, lalu klik.
  • Seluruh Dokumen
    Taruh kursor pada sebelah kiri dokumen sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu triple klik (klik tiga kali secara cepat)
  • Berpindah ke editing Headers dan footers
    Klik ganda saja pada header atau footer.
  • Seluruh Footnote atau endnote
    Klik pada bagian footnote atau endnote sampai kursor berubah menjadi tanda panah yang menunjuk ke kanan atas, lalu triple klik.
  • Blok sebagian teks secara vertikal (coba praktekkan saja kalau tidak faham maksudnya)
    Tekan dan tahan tombol ALT pada keyboard, lalu drag kursor pada teks.

Memakai Keyboard:
  • SHIFT+PANAH KANAN
    Memilih satu karakter teks. Untuk memilih banyak teks perkarakter ke arah kanan, gerakkan terus panah kanan
  • SHIFT+PANAH KIRI
    Memilih satu karakter teks. Untuk memilih banyak teks perkarakter ke arah kiri, gerakkan terus panah kiri
  • CTRL+SHIFT+PANAH KANAN
    Memilih satu kata. Untuk memilih banyak teks perkata ke arah kanan, gerakkan terus panah kanan
  • CTRL+SHIFT+PANAH KIRI
    Memilih satu kata. Untuk memilih banyak teks perkata ke arah kiri, gerakkan terus panah kiri
  • SHIFT+END
    Memilih teks ampai akhir baris
  • SHIFT+HOME
    Memilih teks sampai awal baris
  • SHIFT+PANAH BAWAH
    Memilih satu baris kebawah. Untuk memilih banyak teks perbaris ke arah bawah, gerakkan terus panah bawah
  • SHIFT+PANAH ATAS
    Memilih satu baris keatas. Untuk memilih banyak teks perbaris ke arah atas, gerakkan terus panah atas
  • CTRL+SHIFT+DOWN ARROW
    Memilih teks sampai akhir paragraf
  • CTRL+SHIFT+UP ARROW
    Memilih teks sampai awal paragraf
  • SHIFT+PAGE DOWN
    Memilih satu screen kebawah. Untuk memilih banyak teks perscreen ke arah bawah, gerakkan terus Page Down ke bawah 
  • SHIFT+PAGE UP
    Memilih satu screen keatas. Untuk memilih banyak teks perscreen ke arah atas, gerakkan terus PageDown ke atas 
  • CTRL+SHIFT+HOME
    Memilih teks sampai awal dokumen
  • CTRL+SHIFT+END
    Memilih teks sampai akhir dokumen
CTRL+A
Memilih seluruh dokumen 

sumber :http://www.kampungmaya.com/index.php/seputar-it-2/tutorial/33-tips-word-banyak-cara-untuk-memilih-blok-teks

Cara membuka, menyimpan, dan menutup dokumen pada Microsoft Word

Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:

  • Klik Office Button>Open.
  • Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar.
  • Cara

    untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:

  • Klik Office Button>Save atau Office Button>Save As sehingga muncul kotak dialog Save As Contoh  gambar di bawah ini.
    Kotak dialog Save As
    Kotak dialog Save As
  • Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
    • Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
    • File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
    • Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
    • Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik Office Button>Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik Office Button>Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan
nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti pada Gambar di bawah ini akan muncul.
Kotak konfirmasi penyimpanan
Kotak konfirmasi penyimpanan
  • Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokuman baru.
  • Save change with a different name: menyimpan dokumen baru denga nama lain.
  • Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.

    Cara menutup dokumen

    Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
  • Klik Office Button>Close.
  • Klik tombol Close Window yang terdapat dalam Title Bar.

     sumber :http://arivay.blogspot.com/2012/02/membuat-menyimpan-menutup-dan-membuka.html

Cara membuat dokumen baru pada Microsoft Word

Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word 2007

Kang Tiar Kali ini akan Membuat Artikel tentang Ilmu Microsoft Word 2007., Tutorial Kali ini Adalah Cara Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word 2007. Langsung Saja
1. Klik Menu Utama MS.Word
















2.  Klik Blank Dokument lalu klik CREATE