Sabtu, 01 September 2012

Membuat Presentasi Sederhana dengan OpenOffice.Org.Impress

Membuat Presentasi dengan Impress

Memiliki ide barangkali adalah hal yang luar biasa. Akan tetapi, bisa menyampaikan suatu ide akan jauh membuat ide tersebut lebih berguna.

Bagaimana menyampaikan ide bukan perkara gampang. Salah satu caranya adalah dalam bentuk tertulis dan kemudian mempresentasikannya. Salah satu alat bantu presentasi yang handal adalah OpenOffice.org Impress, aplikasi presentasi yang kompatibel dengan Microsoft PowerPoint.

Dengan Impress, Anda dapat membuat presentasi dengan mengikuti berbagai template yang telah disediakan. Walau demikian, Impress juga dapat digunakan untuk membuat presentasi dari nol. Presentasi dapat dibuat menjadi lebih menarik dengan penambahan berbagai objek. Dan pada akhirnya, presentasi yang Anda buat dapat dengan mudah diekspor ke format PDF ataupun disimpan sebagai halaman web. Semua hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah.

Presentasi Menggunakan Template

OpenOffice.org Impress menyediakan beberapa template yang dapat digunakan sebagai contoh desain untuk presentasi Anda. Dengan menggunakan template yang telah disediakan, pembuat presentasi tidak perlu pusing memikirkan desain. Cukup klik sana, klik sini, tulis beberapa ide, dan sebuah presentasi yang indah telah dihasilkan.

Pada saat impress dijalankan, secara default, sebuah wizard akan ditampilkan untuk Anda. Pilihlah From template pada pilihan yang tersedia. Setelah itu, pilihlah template yang diinginkan dari combobox yang tersedia. Apabila Anda mengaktifkan check pada bagian Preview, maka tampilan dari template terpilih akan ditampilkan.
Memilih template yang diinginkan

Setelah itu, kliklah tombol Next. Anda memasuki langkah kedua. Di sini, Anda dapat memilih desain slide dan media output. Untuk media output, Anda dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan.
Memilih desain slide

Klik sekali lagi pada tombol Next akan membawa Anda ke langkah ketiga, di mana Anda dapat memilih efek untuk transisi slide. Efek transisi slide adalah efek yang akan ditampilkan pada saat anda berpindah dari slide satu ke slide lainnya. Di langkah ketiga ini pula, Anda dapat membuat presentasi berjalan sendiri dengan pengaturan durasi waktu tertentu. Hal ini akan sangat berguna apabila Anda yakin akan waktu yang digunakan untuk mempresentasikan ide Anda. Presentasi akan kelihatan sangat profesional karena Anda bahkan tidak berpindah slide secara manual. Namun, apabila persiapan tidak matang, maka fasilitas ini akan menjadi senjata makan tuan.
Mengatur transisi slide dan tipe presentasi

Next, langkah keempat. Anda diminta untuk mengisikan beberapa informasi seputar slide presentasi dan Anda. Dan terakhir, langkah kelima, Anda akan diberikan untuk menampilkan halaman-halaman tertentu. Sebuah presentasi sederhana telah Anda hasilkan. Anda dapat mengubah tulisan yang ada di dalam template. Anda juga dapat menambahkan slide atau menghapus slide yang telah dibuat.

Presentasi Manual

Mencontoh template yang tersedia mungkin akan menjadikan waktu pembuatan presentasi menjadi singkat. Namun sayangnya, terkadang template presentasi tidak mencerminkan sesuatu yang ingin kita presentasikan. Memaksa tentunya akan membuat presentasi yang dibuat menjadi lucu. Solusinya, buat sendiri desainnya.

Pada wizard yang ditampilkan pertama kali Impress dijalankan, pilihlah Empty presentation. Kemudian kliklah tombol Create. Anda akan dibawa ke interface utama Impress. Pertama-tama, apa yang perlu dilakukan mungkin mengganti warna background. Untuk itu, pilihlah menu Format - Page. Pindahlah ke tab Background, dan pilihlah tipe background yang Anda inginkan. Sebuah dialog yang menanyakan apakah pengaturan akan dilakukan untuk seluruh slide akan ditampilkan.
Mengatur background slide

Setelah itu, Anda mungkin akan mengatur layout slide. Untuk itu, pilihlah Format - Modify Layout. Sebuah dialog akan ditampilkan untuk Anda. Pilihlah layout yang Anda inginkan, kemudian kliklah tombol OK. Kini Anda memiliki slide yang telah dilengkapi dengan layout tertentu. Ketikkanlah bahan presentasi untuk slide tersebut.
Memodifikasi layout slide

Untuk menambahkan slide, pilihlah menu Insert - Slide. Untuk mengubah nama slide, klik kananlah pada tab nama slide, dan pilihlah Rename Slide. Dengan cara yang sama, Anda dapat memilih Delete Slide untuk menghapus slide.

Menambahkan Object Lain

Orang bilang, sebuah gambar mewakili ratusan kata. Untuk itu, Anda mungkin perlu menambahkan gambar ke dalam presentasi. Untuk menambahkan gambar, pilihlah menu Insert - Graphics. Anda juga dapat menampilkan image yang disertai dengan animasi sehingga presentasi akan tampak lebih menarik.

Apabila Anda ingin menampilkan spreadsheet ke dalam slide presentasi, maka dengan memilih menu Insert - Spreadsheet, Anda akan mendapatkan area kerja Calc di dalam slide presentasi. Walau berada di dalam Impress, Anda dapat bekerja dengan spreadsheet tersebut, seperti layaknya Anda bekerja langsung pada Calc.
Spreadsheet dalam slide

Penambahan objek multimedia lain dapat dilakukan dengan mudah. Dengan Impress, Anda dapat membuat presentasi yang sebagus mungkin sesuai dengan keinginan.

Slide Show

Setelah presentasi dihasilkan, kita dapat menampilkannya secara full screen dengan fasilitas slide show. Slide show dapat diaktifkan dengan memilih Slide show - Slide show. Pengaturan tambahan untuk slide show dapat dilakukan dengan memilih menu slide show - slide show settings.
Pengaturan Slide Show

Ekspor ke Format Lain

Presentasi yang telah dibuat dapat dengan mudah diekspor ke format lain seperti PDF ataupun halaman web dengan mudah. Untuk mengekspor ke PDF, pilihlah menu File - Export as PDF. Sementara, untuk menyimpan sebagai halaman web, simpanlah dokumen dalam format HTML Document.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar